BIMTEK INTEGRASI DATA SE-KABUPATEN WONOSOBO


UJI PUBLIK KETERBUKAAN INFORMASI

Desa Winongsari adalah salah satu Desa di Kecamatan kaliwiro Kabupaten Wonosobo yang mengikuti Lomba Uji Publik Keterbukaan Informasi Tingkat Propinsi Jawa Tengah Mewakili Kab.Wonosobo dengan 9 Desa Lainya,Yang dilaksanakan pada Hari Jumat dan Sabtu Tanggal 25-26 Oktober Tahun 2019 Bertempat di Aula Kantor DISPERMASDES DUKCAPIL Provinsi Jawa Tengah dan pada sesi presentasi diikuti 51 Desa dari 7809 Desa yang ada diProvinsi Jawa Tengah. Dari 51 Desa Tersebut 10 desa yang mewakili berasal dari Kabupaten Wonosobo dan salah satunya adalah Desa Winongsari Kecamatan Kaliwiro pada acara presentasi tersebut yang bertindak sebagai dewanjuri adalah setap ahli Gubernur Jawa Tengah,dan salah satu Kabid DISPERMASDESDUKCAPIL dan satu orang tenaga ahli IT dalam acara presentasi tersebut dari dewan juri sebagai pendalaman materi menanyakan beberapa hal diantaranya:

  1. Bagai mana cara menyampaikan informasi keterbukaan informasi public bagi masyarakat yang masih awan dengan teknologi dengan hal ini website dan sosmed.
  2. Apa yang dimaksud dengan informasi setiap  saat, informasi perkala, informasi serta merta dan informasi yang dikecualikan.
  3. Bagaimana jika ada yang meminta informasi ke Desa diperbolehkan atau tidak,jika diperbolehkan apa ukurannya,jika ditolak apa ukurannya.
  4. Bagaimana bentuk laporan pertanggung jawaban pemerintah Desa jika memberikan bantuan kepada lembaga Desa’

Ini adalah beberapa pertanyaan yang diajukan oleh dewan juri pada saat pendalaman materi yang disampaikan Desa Winongsari sebagai salah satu peserta presentasi, disamping itu juga kelengkapan website dan sosmed sebagai sarana penyampaian informasi publik Desa Winongsari juga memberikan informasi publik melaluai infografis dan untuk inovasi keterbukaan informasi public Desa Winongsari  mempunyai slegan’ketemu kapan ketemu dimana’ini salah satu program unggulan Desa Winongsari dalam melaksanakan pelayanan informasi public karena melalui program ketemu kapan ketemu dimana masyarakat Desa dapat mengakses informasi seluas luasnya karena tidak terbatas luang dan waktu.

Dan untuk menindak lanjuti kegiatan tersebut diatas pemerintah provinsi Jawa Tengah dalam hal ini DIPERMASDES DUKCAPIL melaksanakan bimbimngan teknis integrasi data se-Kabupaten Wonosobo yang dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 29-31 Oktober 2019 yang diikuti 236 Desa dari 15 Kecamtan dilaksankan selama 3 hari dan Desa Winongsari mengikuti pada hari Pertama


Total Dibaca