Karang Taruna


SEJARAH TERBENTUKNYA KARANG TARUNA "WIRA MANUNGGAL" DESA WINONGSARI

Sejarah terbentuknya Karang Taruna “Wira Manunggal” di Desa Winongsari, Kec. Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo tidak dapat terlepaskan dari prakarsa Kepala Desa Winongsari yang saat itu dijabat oleh Bapak Agung Aryanto,SH yang menilai pentingnya organisasi kepemudaan yang berupa karang taruna di Desa Winongsari untuk menyatukan organisasi-organisasi pemuda yang sudah ada di setiap dukuh. Penyatuan organisasi-organisasi pemuda di setiap dukuh dalam wadah karang taruna diharapkan mampu menjalin persatuan dan kesatuan pemuda di tingkat desa dalam upaya meningkatkan partisipasi pemuda dalam pembangunan sosial, budaya, olahraga, kemasyarakatan, dan ekonomi di Desa Winongsari.

Berdasarkan pernyataan Bapak Th.Suwondo selaku sesepuh Desa Winongsari, konon pernah ada organisasi karang taruna di Desa Winongsari sekitar tahun 80-an bernama “Praja Muda Adiguna”, namun tidak berjalan lama dan sudah tidak aktif lagi. Sehingga setelah masa itu tidak ada lagi organisasi karang taruna di Desa Winongsari dan digantikan dengan adanya organisasi pemuda di tiap dukuh.

Pada masa kepemimpinan Bapak Agung Aryanto, SH selaku Kepala Desa, ada semangat untuk kembali membentuk organisasi karang taruna dan hal ini disambut baik oleh seluruh pemuda Desa Winongsari dengan mengadakan pertemuan-pertemuan persiapan pembentukan karang taruna yang dihadiri perwakilan pemuda tiap dukuh dan ketua organisasi pemuda yang saat itu dipegang oleh Suroso.

Hingga pada tanggal 30 Oktober 2017 diadakan pertemuan yang di fasilitasi oleh Pemerintah Desa Winongsari dan dihadiri oleh sesepuh desa, perangkat desa, dan pemuda-pemudi Desa Winongsari dengan satu tujuan untuk membentuk karang taruna. Hasil pertemuan tersebut akhirnya menghasilkan keputusan mufakat pembentukan organisasi karang taruna di Desa Winongsari yang bernama Karang Taruna “Wira Manunggal”. Pemberian nama tersebut dengan makna bahwa para pemuda harus bisa menjadi Wira (pejuang) yang selalu memperjuangkan persatuan dan kesatuan demi mencapai cita-cita bersama sesuai dengan makna kata Manunggal. Pada Temu Karya tersebut juga disepakati Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dan organisasi kepengurusan untuk periode 2017-2020 yang diketuai oleh Hastopo Setyo Nugroho.ST.

Sekretariat Karang Taruna “Wira Manunggal” saat ini berada di komplek Kantor Pemerintah Desa Winongsari.

 

VISI KARANG TARUNA "WIRA MANUNGGAL"

“MEWUJUDKAN GENERASI PEMUDA YANG MANDIRI, BERAKHLAK, TANGGUH, BERKUALITAS & PRODUKTIF”

Mandiri : memiliki kemampuan untuk selalu berusaha berdikari dalam setiap langkah

Berakhlak : Kepercayaan dan ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai dasar dalam setiap tindakan dan perilaku.

Tangguh : memiliki kemampuan yang teguh dan kuat serta tidak mudah menyerah dalam menghadapi setiap permasalahan hingga menemukan solusi yang terbaik.

Berkualitas : memiliki kemampuan untuk selalu berupaya mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih baik

Produktif.: memiliki kemampuan untuk memberikan hasil yang positif dalam setiap kegiatan yang dilakukan sehingga berguna bagi masyarakat dimanapun berada.

 

MISI KARANG TARUNA "WIRA MANUNGGAL"

     Untuk mewujudkan Visi organisasi diperlukan Misi-misi nyata yang dapat diterapkan atau dilakukan oleh karang taruna. Berikut ini Misi yang diemban oleh Karang Taruna “Wira Manunggal” :

  1. Menumbuh kembangkan prakarsa Karang Taruna dalam pembangunan kesejahteraan sosial.
  2. Meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sosial masyarakat.
  3. Mewujudkan kerukunan dan persatuan antar pemuda Desa Winongsari.
  4. Mengangkat nilai-nilai Kearifan budaya lokal, seni dan adat istiadat serta sportifitas keolahragaan.
  5. Menggalang dan mengembangkan kemitraan dengan berbagai pihak yang berkompeten dalam penanganan permasalahan pemuda dan sosial kemasyarakatan

 

STRATEGI KARANG TARUNA "WIRA MANUNGGAL"       

Untuk mewujudkan visi dan misi organisasi diperlukan langkah-langkah strategis dalam pelaksanaan jalannya organisasi, yaitu:

  1. Melibatkan peran semua anggota Karang Taruna dalam setiap program kerja yang disusun.
  2. Mengadakan event kegiatan dalam rangka mempromosikan unit usaha karang taruna dan kegiatan kewirausahaan.
  3. Menjalin kerjasama dan kemitraan dengan pihak-pihak yang berkompeten terhadap permasalahan sosial dan pembinaan kepemudaan seperti Pemerintah Desa Winongsari, dinas instansi pemerintah, LSM,  dan instansi swasta.

 

MOTO KARANG TARUNA "WIRA MANUNGGAL"   

Moto organisasi Karang Taruna “Wira Manunggal” untuk selalu menjaga semangat pemuda Desa Winongsari dalam berkarya, yaitu “ PEMUDA BERSATU, DESA SEMAKIN MAJU

Sesuai dengan nama karang taruna yaitu Wira Manunggal, pemuda harus selalu memperjuangkan persatuan untuk bersama-sama membangun desa menjadi semakin maju dan menyejahterakan masyarakatnya.

 

Latihan Sepak Bola

Latihan Sepak Bola

2018-02-18 23:26:25

Kegiatan Karang taruna Wira Manunggal Desa Winongsari salah satunya adalah mengadakan latihan Sepak

Baca Detail

Total Dibaca